Berita Jakarta Hari ini Terupdate

Skenario jika Ahok ‘Naik Status’ dalam Kasus Penistaan Agama

Skenario jika Ahok ‘Naik Status’ dalam Kasus Penistaan Agama

Berita-jakarta.com - Ada beberapa skenario apabila status Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) meningkat menjadi terdakwa atau terpidana dalam kasus dugaan penistaan agama.

Pertama, pencalonan kandidat gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama akan dibatalkan jika statusnya berubah menjadi terpidana. "Kalau berstatus terpidana dibatalkan. Begitu jatuh vonis yang berkekuatan hukum tetap langsung dibatalkan," ujar Ketua KPU Provinsi DKI Sumarno di Jakarta, tadi malam.

Ia mengatakan jika vonisnya sebelum pemungutan suara, yakni maksimal 30 hari sebelum pemungutan suara, partai bisa mengganti calon.

Sumarno mencontohkan jika bulan ini sudah ada vonis berkekuatan hukum tetap atau Ahok tidak mengajukan banding setelah putusan, pencalonannya dibatalkan.

"Partai punya kesempatan mengusulkan pengganti, cuma berubah komposisi. Djarot menjadi cagub dan penggantinya menjadi wakil gubernur," kata dia.

Selanjutnya, kalau putusannya setelah Pilkada dan ditetapkan sebagai pemenang, Ahok tetap dilantik.

Setelah dilantik, Ahok akan diberhentikan sementara jika statusnya terdakwa atau diberhentikan seterusnya jika statusnya terpidana.

Sidang perdana perkara dugaan penistaan agama yang melibatkan Ahok digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Selasa (13/12).

Sidang akan dilanjutkan Selasa pekan depan (20/12) dengan agenda tanggapan jaksa penuntut umum atas eksepsi atau nota keberatan dari terdakwa dan tim kuasa hukum.[rnc]
Tag : Hukum
Related Posts
Back To Top